Pemerintah Desa Padang Burnai Gelar Musdes Khusus Penetapan BLT-DD 2024

Gambar : Pemerintah Desa Padang Burnai Gelar Musdes Khusus Penetapan BLT-DD 2024.

TNews, BENGKULU SELATAN – Pemerintah Desa Padang Burnai Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu menggelar Musdes khusus terkait penetapan KPM Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2024, di kantor desa setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Padang Burnai didampingi Ketua BPD beserta anggota, Bhabinkamtibmas Polsek Manna, Babinsa, dan Pendamping Lokal Desa serta Perangkat dan Lembaga Desa dan lainnya.

Dalam musyawarah tersebut Kepala Desa Padang Burnai, Suharman, menyampaikan pandangan dan saran yang konstruktif dalam penetapan penerima BLT DD tahun 2024. Urgensi BLT DD sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Disamping itu, Kades juga meminta kerja sama seluruh lembaga desa dan masyarakat untuk selalu komunikasi koordinasi dan kompak selalu guna mewujudkan masyarakat desa yang aman kondusif dan semakin sejahtera, dengan niat beribadah. BLT DD dianggarkan 10% dari anggaran DD yang diterima setiap desa sesuai Permendesa PDTT No. 13 tahun 2023 tentang prioritas penggunaan dana desa.

Lebih lanjut dikatakanya bahwa, sasaran KPM BLT Desa adalah keluarga yang tidak pernah mendapatkan dan/atau terdaftar sebagai saranan penerima manfaat Jaring Pengaman Sosial (JPS), seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Adapun penyalurannya diberikan selama kurun waktu 12 bulan untuk bulan pertama sampai dengan bulan kedua belas per keluarga penerima manfaat sebesar Rp. 300.000 ,- diberikan setiap bulan serta diberikan secara langsung kepada penerima manfaat.

BLT-DD ini melibatkan perangkat dan lembaga guna mencari KPM sesuai dengan kriteria dan allamdulliah telah disepakati 20 KPM dengan kriteria mereka yang menderita penyakit menahun, lansia, disabilitas dan untuk membantu dalam pengentasan kemiskinan ekstrim.

“Ya, semoga hasil Musdes khusus ini akan memberikan azas manfaat bagi masyarakat untuk menuju perubahan desa yang baik dimasa mendatang,” pungkasnya.*

Peliput : Sony

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *