Tingkatkan Minat Baca, DKP Gelar Jambore Literasi 2024

Gambar: Tingkatkan Minat Baca, DKP Gelar Jambore Literasi 2024, (9/9/2024).

TNews, BENGKULU – Meningkatkan minat baca dan menulis serta mengasah kreativitas generasi muda. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan(DPK) Provinsi Bengkulu gelar Jambore literasi 2024 dengan tema “Menumbuhkan Mental Generasi Muda yang Berani Berkarya, Kreatif dan Produktif” di Lapangan Kantor DPK, Senin (09/09/2024).

Jambore Literasi ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan di Provinsi Bengkulu yang didukung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

“Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan literasi muda dan masyarakat baik melalui dunia digital maupun melalui buku yang tersedia di seluruh perpustakaan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd di Bengkulu.

Dikatakannya, kegiatan Jambore Literasi Tahun 2024 ini akan digelar selama 4 hari yang dimulai pada hari Senin, tanggal 9 sampai dengan 12 September 2024 bertempat di lingkungan kantor DPK Provinsi Bengkulu.

“Kegiatan ini juga dapat menumbuhkan budaya literasi baik di lingkungan keluarga, satuan pendidikan maupun masyarakat,” kata Meri Sasdi.

Jambore literasi ini menghadirkan beberapa kegiatan seperti, debat, pameran, lomba menulis, serta puncaknya adalah pemilihan Duta Baca Daerah yang menjadi representasi generasi muda Bengkulu yang gemar membaca.

”Ini menjadi sebuah wahana untuk kita mengembangkan literasi. Apalagi seperti yang disampaikan gubernur jika literasi menjadi kunci utama produktivitas hidup seseorang, jika literasi bagus maka kita akan produktif, tujuan kita akan sukses dunia dan akhirat,” ungkap Meri Sasdi.

Untuk diketahui, dalam kegiatan pembukaan jambore literasi 2024 ini, turut dilakukan pemberian bantuan beberapa unit laptop untuk desa/kelurahan yang memiliki perpustakaan inklusi sosial yang ada di wilayah Bengkulu. Serta dilakukan peresmian cafe dan podcast literasi DPK Provinsi Bengkulu.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *