Ribuan Warga Bengkulu Telah Bekerja di Luar Negeri

Gambar: Ribuan Warga Bengkulu Telah Bekerja di Luar Negeri, (13/9/2024).

TNews, BENGKULU – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, mencatat sebanyak 1530 warga Bengkulu telah bekerja ke luar negeri.

Hal ini menandakan, minat masyarakat Bengkulu untuk kerja di luar negeri atau menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) cukup tinggi dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Ada 1530 orang Bengkulu yang telah bekerja ke luar Negeri,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Syarifudin, Jumat (13/09/2024).

Dari 1.530 orang Bengkulu yang bekerja ke luar negeri tersebut dengan berbagai negara tujuan seperti Jerman, Arab Saudi, Tiongkok, Jepang, dan Korea.

Lima negara ini sudah menyiapkan formasi lowongan kerja baik itu perawat atau bidan, maupun pekerja pabrik, pekerja rumah tangga dan lainnya.

Dikatakan Syarifudin, pada tahun 2024 ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mengirim tenaga kerja Bengkulu ke luar negeri seperti Jerman sebanyak 21 orang, Jepang 18 orang, dan saat ini juga ada yang sedang mengikuti proses pembelajaran bahasa dan akan diberangkatkan dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan yang saat ini sedang latihan bahasa bisa lulus, mendapatkan sertifikat bahasa sesuai yang disyaratkan dan mereka bisa berangkat,” ujarnya.

Dikatakan Syarifudin, untuk data dan tempat bekerja masyarakat Bengkulu di luar Negeri dapat diakses masyarakat melalui LTSA (Layanan Terpadu Satu Atap) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Disnakertrans Provinsi Bengkulu yang berada disamping kantor BNNP Bengkulu.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *