Diduga Tercemar Limbah Pabrik Sawit Sungai Di Nasal Menghitam Dan Berbau Busuk

Kepala Desa Ulak Pandan kecamatan nasal Razied, memperlihatkan Ikan dan Udang yang telah mati akibat pencemaran limbah pabrik sawit.

TNews.KAUR- Masyarakat Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur kembali dihebohkan dengan fenomena air sungai Menghitam dan berbau busuk. Sementara dugaan kuat air sungai yang berubah hitam dan berbau di akibatkan oleh pencemaran limbah dari pabrik kelapa sawit yang terus beroperasi di hulu sungai (Sungai Kulik) wilayah kecamatan nasal.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Ulak Pandan. Razied mengatakan bahwa dalam beberapa hari ini perubahan air sungai menjadi hitam sangat di khawatirkan oleh masyarakat, selain berubah warna sungai ini pun berbau yang sangat menyengat, sehingga dikhawatirkan akan berdampak kepada warga sekitar maupun peliharaan.

“Saat kami dilokasi sungai telah berubah hitam pekat dan berbau busuk yang sangat menyengat ditambah lagi ikan dan udang di sungai nampak sudah beleng-beleng bahkan banyak yang sudah mati, kami menduga berubahnya warna air sungai ini sama seperti dulu yaitu akibat tercemarnya limbah pabrik sungai yang beroperasi di hulu.”. Jelas Kades kepada awak media TNews.KAUR.

Kejadian ini bukan yang pertama, tahun-tahun sebelumnya juga pernah terjadi, kami sudah melaporkan hal ini ke pihak terkait, bahkan di media-media sudah viral, namun kejadian masih berulang kembali. Dan hari ini pihak Kecamatan, Desa dan Polsek Nasal sudah dilokasi untuk melihat langsung sungai ini. Tambah Jarwo.

Kami berharap pihak terkait dapat menegur pihak pabrik untuk lebih memperhatikan sungai agar tidak tercemar yang nantinya berdampak kepada masyarakat dan peliharaan yang menggunakan sungai tersebut. Harap Kades. (Mr.M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *