PIN Polio Tahap 1 Bengkulu Capai 51,21 Persen

Gambar: PIN Polio Tahap 1 Bengkulu Capai 51,21 Persen, (29/7/2024).

TNews, BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mencatat capaian Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio pada putaran pertama sejak 23 Juli 2024 lalu di wilayah Bengkulu telah mencapai persentase 51,21 persen.

“Untuk pelaksanaan PIN polio hingga 27 Juli kemarin untuk Provinsi Bengkulu sudah 51,2 persen yang sudah kita berikan tetesan polio,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Ruslian, SKM., M.Si, Senin(29/07/2024).

Persentase capaian PIN polio tersebut dari sasaran target yang ditetapkan sebanyak 287.541 anak usia 0-7 tahun mendapatkan imunisasi tanpa melihat status imunisasi sebelumnya.

“Untuk capaian tertinggi di Bengkulu Tengah sebesar 60,53 persen, lalu terendah Kota Bengkulu sebesar 35,82 persen,” ujarnya.

Dengan persentase capaian PIN polio di wilayah Bengkulu tersebut, masih jauh dari target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yakni 95 persen dari target sasaran imunisasi.

“Dari 95 persen target yang ditetapkan Kemenkes kita masih jauh dari target. Mudah-mudahan di hari terakhir ini untuk putaran pertama akan menambahkan capaian imunisasi yang dilakukan oleh teman-teman di pos PIN maupun yang ada di Puskesmas, PAUD atau tempat lainnya,” tutur Ruslian.

Oleh sebab itu, Untuk mengoptimalkan capaian yang ada, pada PIN Polio putaran kedua yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-12 Juli 2024 mendatang, nantinya tim vaksinator dan tim pos polio akan melakukan sweeping terhadap anak-anak umur 0-7 tahun yang belum mendapatkan imunisasi polio.

“Sweeping yang dilakukan akan menyasar anak-anak yang tidak datang imunisasi sesuai jadwal. Misalnya karena masih dalam perjalanan,” ungkap Ruslian.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *